Cilegon, INFO_PAS – Dalam memenuhi salah satu syarat untuk pengusulan Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB) maka salah satunya diadakan Penelitian Pemasyarakatan (LITMAS) yaitu untuk mengetahui kesiapan keluarga seandainya nanti usulan PB dan CB warga binaan yang di usulkan disetujui.

Hari ini, 10 petugas Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Serang di koordinir oleh Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Kelas II Serang, Masharin mendatangi Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon, untuk memenuhi surat Kepala Lapas Cilegon terkait ada 15 (lima belas) narapidana yang mendapat usulan pembebasan bersyarat (PB) dan cuti bersyarat (CB) pada Senin (01/04).

Salah satu Pembimbing Kemasyarakatan dari Bapas Serang, Masharin mengatakan dalam penjelasan Pasal 12 huruf k UU No.12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan “pembebasan bersyarat” adalah bebasnya Narapidana setelah menjalani sekurang-kurangnya dua pertiga masa pidananya dengan ketentuan dua pertiga tersebut tidak kurang dari 9 (sembilan) bulan. Tentu dengan catatan berkelakukan baik selama masa pembinaan.

Kepala Subseksi Pembinaan, Edrawanto menjelaskan bahwa kegiatan Litmas ini merupakan proses pembinaan integrasi warga binaan pemasyarakatan sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. 3 Tahun 2018 untuk melakukan pengusulan lanjutan dari Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB).

“Semoga saja dengan kegiatan Litmas seperti ini Warga binaan Lapas Cilegon yang mendapat usulan Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB) bisa lebih cepat terlaksana,” ujar Edrawanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here