Tingkatkan Peran dan Tugas Kehumasan, Lapas Cilegon ikuti Teleconference

Cilegon, INFO_PasLembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon mengikuti Kegiatan Teleconference Pemberdayaan Fungsi Kehumasan yang diselenggarakan oleh Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI bertemakan “Meningkatkan Reputasi Kehumasan Melalui Konten Media”, Senin (20/07/2020) yang diikuti oleh Kalapas Cilegon beserta Tim Humas Lapas Kelas IIA Cilegon.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Bambang Rantam yang dilanjutkan dengan sesi paparan dari dua orang narasumber Fajar B. S. Lase selaku Staf Khusus Menkumham Bidang Transformasi Digital dan Muhammad Kardeni selaku Tenaga Ahli Bidang Media Komisi I DPR RI.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan beberapa hal guna meningkatkan reputasi kehumasan melalui sosial media yakni dimulai dari pemilihan SDM yang tepat untuk posisi humas, hubungan intensif dengan media luar baik lokal maupun nasional, koordinasi dan komunikasi dengan unit pelaksana teknis lain atau kantor wilayah, serta pemberitaan yang aktual dan menjawab isu yang sedang berkembang di masyarakat.

Dalam pemaparannya yang berjudul “Pemberdayaan Fungsi Kehumasan Kemenkumham”, Fajar B. S. Lase mengajak seluruh elemen Kehumasan baik yang berada di Pusat, Kanwil, hingga UPT bisa kembali mengingat peran Humas.
“Ini perlu dilakukan sehingga mampu membangun pemahaman masyarakat tentang kebijakan pemerintah. Dan juga mampu membangun kepercayaan (trust) masyarakat terhadap pemerintah.” tuturnya.
Kemudian Muhammad Kardeni melanjutkan paparan yang berjudul “Meningkatkan Reputasi Kehumasan Melalui Konten Media”. Beliau mengingatkan bahwa Humas memiliki peran sebagai jembatan komunikasi sehingga hubungan antara Kemenkumham dengan media bisa berjalan dengan baik.
“Salah satu peran humas nantinya perlu dilakukan Issue Mapping sehingga bisa memberikan jawaban atau tanggapan terhadap isu yang sedang berkembang dengan baik.” lanjutnya.
Sedangkan Kalapas Cilegon, Masjuno mengatakan untuk memaksimalkan peran kehumasan karena peran humas sangat strategis dalam membangun relasi Lapas Cilegon dengan masyarakat dan publik.
“Memaksimalkan semua sarana media, baik website maupun sosial media untuk menunjang kinerja kehumasan dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan publik,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *