Tingkatkan Pembinaan Kemandirian WBP Melalui Latihan Kerja

“Tingkatkan Pembinaan Kemandirian WBP Lapas Cilegon, Melalui Kegiatan Bimbingan Latihan Kerja”

Lascil Craft Squad

Cilegon – Sebanyak 32 narapidana yang mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon (13/10) di Balai Latihan Kerja Lapas Cilegon, dilatih berbagai keterampilan agar memiliki kemampuan membuka usaha setelah menjalani masa hukuman.

Kepala Lapas Cilegon, Heri Aris Susila, mengatakan, pemberian keterampilan tersebut diberikan secara kontinu kepada seluruh warga binaan sesuai minat dan kemauan masing-masing narapidana yang berjumlah 38 orang.

Kegiatan latihan kerja pembuatan donat oleh Warga Binaan Lapas Cilegon (Foto: Humas Lapas Cilegon)

“Jumlah narapidana yang mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian di Lapas kita ini 38 orang. Mereka semua kita latih keterampilan. Ada yang menjahit, tata boga (donat, telur asin dan brownies), memangkas rambut, sablon, otomotif, laundry, listrik, perkayuan dan ada juga keterampilan cara memanfaatkan koran bekas untuk menjadi barang bernilai ekonomi,” tuturnya.

“Beberapa warga binaan Lapas saat ini sudah bisa memanfaatkan koran bekas serta keterampilan yang lainnya untuk membuat berbagai kerajinan tangan yang berharga untuk cenderamata, seperti, jam dinding, miniatur kapal laut, perahu nelayan, mobil mainan, masjid, hingga miniatur rumah-rumahan.” Ujar Staff Pengelola Pembimbingan Kemandirian, Ade Irawan.

Kegiatan Pembinaan Kemandirian (Foto: Humas Lapas Cilegon)

Hasil kerajinan tangan para narapidana Lapas Cilegon, Meskipun belum dipasarkan secara luas namun semua  sudah banyak yang dibeli oleh keluarga warga binaan untuk cenderamata ataupun dibeli oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan Lapas Cilegon, lanjut nya.

Berbeda dengan Amril (40), narapidana yang satu ini sibuk membuat miniatur kapal laut, perahu nelayan, mobil mainan, dan rumah-rumahan yang bahan dasarnya dari koran bekas, lem dan cat.

Salah satu narapidana lapas cilegon berasal dari Kota Jakarta ini berkata “selama berada dalam lapas ini alhamdulillah saya sudah bisa produksi miniatur dari koran bekas ini” saat di wawancarai.

Proses Latihan Kerja Pembuatan Miniatur dari Koran Bekas

Selama pindah ke Lapas Cilegon, Narapidana ini mengaku telah bisa membuat berbagai jenis kerajinan tangan yang berharga untuk cenderamata seperti, miniatur kapal laut, perahu nelayan, mobil mainan, masjid hingga miniatur rumah-rumahan.

“Insyaallah nanti kalau saya sudah keluar dari lapas ini, saya akan membuka usaha kerajinan tangan ini untuk menghidupi keluarga dan anak-anak saya. Saya tidak mau lagi berhubungan dengan narkoba itu,” tuturnya.

Hasil karya warga binaan Lapas Cilegon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *