Cilegon, INFO_Pas – Lembaga Pemasyarakatan adalah tempat manusia yang telah melanggar hukum dalam arti bersalah tidak menaati norma kemudian dibina untuk menjadi manusia seutuhnya yang produktif dan dapat diterima kembali ke masyarakat . Program pembinaan bagi warga binaan terbagi menjadi dua yakni pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Pembinaan Kepribadian meliputi Pembinaan Kesadaran Beragaram, Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pembinaan Kemampuan Intelektual, Pembinaan Kesadaran Hukum dan Pembinaan Kesenian dan Olahraga.

Sebagai program peningkatan dan pengembangan inovasi kualitas layanan pendidikan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon didamping Kepala Subseksi Bimbingan Kerja dan PHK berkunjung ke Dinas Pendidikan Kota Cilegon untuk melakukan rapat koordinasi, Selasa (11/02/2020). Kunjungan ini terkait rencana Lapas Cilegon membentuk Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) bagi warga binaan.

Kepala Lapas (Kalapas) Cilegon, Masjuno, menyampaikan rencana program pembinaan yang akan dilaksanakan bagi warga binaan, terutama yang berkaitan dengan program kerja Dinas Pendidikan. “Kami berharap pertemuan ini  menjadi langkah awal dan koordinasi berkesinambungan terkait program pembinaan bagi warga binaan Lapas Cilegon serta kedepannya bisa terjalin kerjasama berkelanjutan dengan melakukan MoU antara Lapas Cilegon dengan Dinas Pendidikan Kota Cilegon,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Cilegon, Dr. H. Ismatullah S.Pd M.Pd, menyambut baik, mendukung, serta bersedia membantu pelaksanaan program PKBM di Lapas Cilegon.

“Kami bersedia bekerja sama dalam hal memberikan pendidikan vocational bagi warga binaan Lapas Cilegon. Kami akan meninjau kondisi di lapas untuk menginventarisir program-program lain yang memungkinkan diberikan bagi warga binaan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here