Tekan Peredaran Gelap Narkoba, Lapas Cilegon Ikuti Rakernis

Cilegon, INFO_Pas – Peningkatan kasus peredaran gelap narkotika dengan barang bukti yang cukup besar akhir-akhir ini membuktikan bahwa narkoba masih menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia. Menyadari hal itu, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon turut andil dalam melakukan pemberantasan narkoba, salah satu upayanya dengan mengikuti Rapat Kerja Teknis Pelaksanaan Bersinar (Bersih dari Narkoba) yang digelar Badan Narkotika Nasional Kota Cilegon, pada hari Selasa (03/03/2020) bertempat di Meeting Room Hotel Gondang, Cilegon.

Kegiatan ini dihadiri juga Kepala BNNK Cilegon, perwakilan Kesbangpol, Camat Sekota Cilegon, perwakilan Kemenag Kota Cilegon, Kodim dan Polres Cilegon.

Pencandu narkoba di Kota Cilegon terbilang cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian Universitas Indonesia (UI) selama 2017, pecandu narkoba di Cilegon sebanyak 5.007 orang. Untuk itu Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cilegon menggelar rapat kerja teknis dalam rangka Pembentukan Kelurahan Anti Narkoba Kota Cilegon menuju Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba), yang difokuskan BNNK Cilegon ada 3 Kelurahan yaitu Kelurahan Bendungan, Cikerai dan Mekarsari.

Menurut Kepala BNNK Cilegon AKBP Asep M. Jaelani, ada beberapa indikator yang mempermudah keluar masuknya narkoba masuk ke Cilegon. Kesatu, jalur lalu lintas yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Jawa. Kedua, banyaknya warga ekspatriat yang tinggal di Cilegon. Ketiga, banyaknya warga dari luar daerah ikut bermukim di Cilegon.

“Mudah-mudahan dengan adanya rapat koordinasi antara instansi vertikal serta dukungan Pemerintah Kota ini, kita bisa bersama-sama dapat melakukan pencegahan peredaran narkoba di Banten, khususnya Kota Cilegon,” tutur AKBP Asep.

Sementara, Kepala Lapas Cilegon, Masjuno menyampaikan bahwa Lapas adalah miniatur kehidupan di masyarakat, dengan kata lain ketika diluar masih banyak pengedar narkoba tentu di lapas juga yang menjadi ujung persoalan narkoba, pasti masih akan ada pengedar narkoba.

“Tapi kami (Lapas Cilegon) terus berupaya bagaimana bisa melakukan pencegahan yang ekstra erat melekat di Cilegon ini, khususnya di Lapas Cilegon. Dan kami tidak akan mundur selangkah pun untuk perang melawan narkoba”, tegas Masjuno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *