Beranda Featured Sterilkan Blok Hunian, Satgas 33 Sidak Lapas Cilegon

Sterilkan Blok Hunian, Satgas 33 Sidak Lapas Cilegon

0
Sterilkan Blok Hunian, Satgas 33 Sidak Lapas Cilegon

Cilegon, INFO_PAS – Maraknya peredaran narkotika tidak membuat Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kanwil Banten tinggal diam.

Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Banten melakukan inspeksi mendadak (Sidak) rutin dengan menggeledah seluruh ruang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon. Pada Rabu, (04/09).

Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitas, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Yohanes Waskito mengatakan niatan menghentikan perederan, penyimpanan,dan penggunaan narkotika di dalam lapas bukanlah hal yang baru.

Menurut Waskito, keseriusan pemberantasan narkoba merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Nomor PAS-126, PK. 02.10.01 Tahun 2019 tentang langkah-langkah progresif dan upaya serius untuk memberhentikan narkoba di Lapas, rutan maupun LPKA di seluruh Indonesia oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan, Kemenkumham. Langkah-langkah progresif tersebut akan dilakukan seminggu sekali.

“Inilah wujud dari komitmen Kementerian Hukum dan HAM khususnya Kantor Wilayah Banten dalam mencegah peredaran narkoba di lingkungan lapas dan rutan se Banten” ungkap Waskito.

Sementara, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon, Heri Aris Susila mengatakan pihaknya menerima kedatangan tim Satgas 33 Kantor Wilayah Banten untuk melaksanakan kegiatan penggeledahan rutin di Lapas Cilegon.

“Keadaan di Lapas Cilegon sampe titik sejauh ini masih di bilang aman dan kondusif, walaupun bisa dikatakan kondusif tetap kegiatan penggeledahan rutin dari satgas 33 kanwil wajib untuk dilaksanakan di dalam Lapas Cilegon”, ucap Heri.

Sebanyak 30 orang dari tim Satgas 33 kanwil melakukan penggeledahan di dalam blok hunian Lapas Cilegon. Turut hadir Kepala Rutan Serang, Kepala Rutan Pandeglang, dan Kepala Rupbasan Serang.

Hasil sidak kali ini, petugas menemukan barang-barang yang tidak diperbolehkan berada di dalam blok hunian Lapas Cilegon. Tidak hanya itu, petugas juga menemukan beberapa senjata tajam berupa pisau buatan, cutter, dll. Dari hari sidak malam ini, petugas menyita beberapa barang milik warga binaan, antara lain alat charge telp genggam, alat cukur, obeng, dan kompor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here