Beranda Featured Sinergitas Lapas Cilegon, Pemkot Cilegon dan Perpustakaan Nasional RI

Sinergitas Lapas Cilegon, Pemkot Cilegon dan Perpustakaan Nasional RI

0
Sinergitas Lapas Cilegon, Pemkot Cilegon dan Perpustakaan Nasional RI

Cilegon, INFO_PAS – Budidaya melon madu pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon mendapatkan cukup perhatian dari berbagai pihak, salah satunya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Kamis, (15/08).

Lapas Cilegon dikunjungi oleh Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional untuk meninjau langsung program pembinaan yang terdapat pada Lapas Cilegon.

Sebelumnya, Lapas Cilegon telah mendapatkan bantuan 1000 buku dari Perpustakaan Nasional pekan lalu, yang dijembatani oleh Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Cilegon.

Turut hadir Asisten Daerah I Kota Cilegon sebagai yang mewakili Walikota Cilegon, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Banten, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Cilegon beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Ibu Dra. Woro Titi Haryanti mengatakan, diketahui Indonesia telah berhasil menurunkan angka Tuna Aksara, Namun angka itu belum menjadikan Indonesia Indeks literasi tinggi. Berberapa survey lembaga asing maupun lembaga nasional menunjukan literasi membaca Negara Indonesia masih rendah terutama di Kota Cilegon.

“Untuk itu kita mengadakan kegiatan Implementasi Revolusi Mental melalui gerakan nasional gemar membaca, dalam rangka meningkatkan Indeks Membaca pada masyarakat guna mencerdaskan bangsa dan mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Kadiv Pemasyarakatan, Slamet Prihantara pun menjelaskan, salah satu kunci keberhasilan budidaya melon madu di Lapas Cilegon selain pelatihan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan adalah buku budidaya melon madu yang berasal dari Dinas Perpustakan dan Arsip Daerah Cilegon. Dengan adanya buku tersebut, menambah ilmu pengetahuan kepada warga binaan sehingga mempermudah warga binaan untuk melakukan kegiatan budi daya melon madu.

Dan Kepala Lapas Cilegon, Heri Aris Susila mengapresiasi segala bentuk dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kota Cilegon dan Perpustakaan Nasional terhadap program pembinaan di Lapas Cilegon.

Heri menambahkan, kegiatan pembinaan di Lapas Cilegon diliput juga oleh Tv Nasional yaitu Metro Tv. Sebagai salah satu wujud memberikan informasi kepada masyarakat untuk merubah stigma buruk terhadap Lapas, bahwasannya Lapas telah memberikan pembinaan untuk mendidik warga binaan agar memiliki bekal keterampilan setelah bebas nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here