Beranda DKM Almuhajirin Sambut Bulan Suci Ramadhan, Lapas Cilegon Gelar Tasyakuran

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Lapas Cilegon Gelar Tasyakuran

0
Sambut Bulan Suci Ramadhan, Lapas Cilegon Gelar Tasyakuran

Cilegon, INFO_PAS – Menjelang bulan suci ramadhan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon menggelar acara “Munggahan”. Bertempat di Masjid Al-Muhajirin Lapas Kelas III Cilegon, Jumat (03/05).

Turut hadir dalam acara ini Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon, Pejabat Struktural, Pegawai dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Lapas Kelas III Cilegon beserta Anggota.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dilanjutkan dengan sambutan, sekaligus pemberian hadiah kepada pemenang lomba porsenap 2019 dalam rangka memperingati HUT Pemasyarakatan ke-55.

Dalam kesempatan ini, narapidana dan seluruh hadirin mendapatkan kajian keislaman dari Ustadz Habibi. Kesemua rangkaian acara tersebut tampak penuh keakraban dan terkadang diselingi gelak tawa yang sedikit membebaskan mereka dari jeruji besi yang membelenggu di sela-sela Tausiah yang disampaikan Ustad.

Usai doa penutupan oleh Ustad Habibi, Ratusan warga binaan atau narapidana Lapas Kelas III Cilegon, makan bersama dengan petugas di atas tampah. Hal tersebut dilakukan untuk menyambut Bulan Suci Ramadan.

Menurut Kepala Lapas Kelas III Cilegon, Heri Aris Susila, dalam acara tersebut narapidana dan petugas terlihat tidak canggung saat menikmati kudapan yang disajikan. “Kami makan bersama. Ini merupakan budaya atau adat istiadat yang harus kami lestarikan. Dalam bahasa cilegon sering disebut bacakan,” kata Heri Aris.

Heri Aris menambahkan, dengan tradisi makan di atas tampah diharapkan dapat mempererat kekeluargaan dan tali silaturahmi. Sehingga peristiwa seperti kericuhan antara warga binaan dan petugas tidak terjadi.

Dia berharap walaupun hidup di lingkungan terbatas, semoga tidak menghalangi warga binaan untuk menjalani ibadah selama Ramadan. Untuk itu, berbagai kegiatan telah disiapkan oleh petugas untuk warga binaannya, mulai dari pesantren, tadarus, hingga salat berjamaah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here