Cilegon, INFO_PAS – Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon, menjalani perekaman KTP elektronik (e-KTP). Rekam e-KTP ini untuk memastikan para napi memiliki hak pilih pada Pemilu 2019.

Proses perekaman e-KTP tersebut digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon di Lapas Kelas III Cilegon, Jum’at (05/04/2019). “Lapas Cilegon rekam e-KTP hari ini dimaksud untuk sukseskan kegiatan Pemilu mendatang, baik Pilpres dan Pileg.” ujar Kalapas Kelas III Cilegon Heri Aris. 

Selain memeriksa data warga binaan tersebut, petugas juga merekam identitas napi yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sesudah NIK tercatat, para napi berhak memberikan hak pilihnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Kota Cilegon, Abdullah menegaskan, setiap warga negara berhak mendapatkan kepemilikan kependudukan. Langkah ini sekaligus jadi komitmen Dinas Dukcapil Kota Cilegon melaksanakan perekaman e-KTP kepada seluruh elemen masyarakat.

Sejumlah napi mengaku masih memiliki KTP lama yang bukan elektronik. Mereka menyimpan KTP di rumahnya lantaran khawatir hilang saat berada di penjara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here