Rasa Seperti Ketan, Kakanwil Banten Menikmati Jagung Ungu Hasil Panen WBP Lapas Cilegon

Cilegon, INFO_Pas – Usai memanen jagung ungu hasil budidaya warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon secara simbolis, Kamis (24/12/2020), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten dan Kepala Divisi Administrasi menikmati rasa unik dari jagung ungu yang sudah direbus.

“Jarang sekali saya lihat jagung seperti ini. Yang saya tahu jagung itu warna kuning, ada juga yang putih. Rasanya memang tidak semanis jagung pada umumnya tetapi tekturnya lebih pulen seperti ketan”, ungkap Agus Toyib, Kakanwil Banten.

Budidaya jagung ungu ini merupakan program pembinaan keterampilan di bidang pertanian dan juga merupakan salah satu upaya Lapas Cilegon untuk mendorong ketahanan pangan serta kemandirian ekonomi masyarakat di Kota Cilegon.

Kepala Lapas Cilegon, Masjuno mengungkapkan bahwa selain memiliki corak warna yang unik, jagung ini disebut cocok untuk masyarakat yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung kadar gula yang rendah.

“Jagung ini banyak diburu masyarakat karena memiliki kadar gula rendah, dan rasanya pun cukup pulen dan enak seperti ketan”, ujar Masjuno.

Diketahui, jagung ungu ini kaya akan antioksidan sehingga memberi dampak baik bagi kesehatan.

“Di masa pandemi, salah satu upaya agar tubuh tetap sehat dan bugar tentu didapat dari makanan yang bergizi. Nah, Jagung ungu menjadi salah satu alternatifnya,” pungkas Juno.

Kontributor Berita : Raden Vania/Humas Lapas Cilegon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *