Puncak HARBAKPAS 2021, Lapas Cilegon Ikuti Upacara secara Virtual

Cilegon, INFO_Pas – Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan pada tanggal 27 April 2021 menjadi simbol bahwa Pemasyarakatan telah menginjak usia ke-57 Tahun, tentu itu bukanlah suatu hal yang mudah dilewati oleh Jajaran Pemasyarakatan di Indonesia.

Pahit Getirnya Perjuangan para pendiri dahulu tidak sia-sia dirasakan, kini Pemasyarakatan telah mengubah citranya di mata masyarakat dari Pemenjaraan menjadi Pemasyarakatan, dengan kata lain Pemasyarakatan berfungsi mengembalikan seseorang yang telah menjalani masa hukuman atas perbuatan yang dilakukan untuk bisa kembali diterima di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, Kepala dan Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon mengikuti puncak rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Tahun 2021 di tutup dengan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang diselenggarakan secara Virtual melalui Aplikasi Zoom. Selasa (27/4/2021) di gedung aula lapas cilegon.

Upacara virtual ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid -19 yang masih melanda dunia hingga saat ini.

Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57 tahun 2021 kali ini mengusung tema “Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan Pasti Maju”.

Seperti yang diungkapkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD dalam sambutannya pada Upacara Peringatan Hari. Bhakti Pemasyarakatan Ke-57, Adaptasi dan akselerasi harus diterapkan dalam pelaksanaan Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan menerapkan pola baru yang sesuai dengan aturan dan meninggalkan pola-pola lama yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

Tidak adanya penolakan masyarakat terhadap kembalinya narapidana, merupakan tolok ukur keberhasilan kita dalam pelaksanaan sistem pemasyarakatan. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, kita tidak bisa hanya berfokus kepada para pelanggar hukum saja, tetapi harus meluas sampai ke masyarakat untuk menciptakan ekosistem re-intgerasi sosial.

Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan pada khususnya dan jajaran Kementerian Hukum dan HAM pada umumnya bahwa “Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 adalah momentum yang tepat untuk kita semua merefleksikan kembali apa yang menjadi nawaitu para pendahulu dan peletak dasar pemasyarakatan”, ungkapnya.

“Hari ini Pemasyarakatan genap berusia 57 tahun. Ditengah pandemi Covid-19, Pemasyarakatan bukan lagi melakukan adaptasi tetapi akselerasi memberikan pelayanan dan pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan, klien pemasyarakatan dan masyarakat pada umumnya melalui teknologi informasi dan transformasi digital,”Imbuh Mahfud MD.

Seusai Upacara, Kalapas Cilegon, Erry Taruna DS menyampaikan kepada seluruh petugas Lapas Cilegon untuk menjadikan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57 ini sebagai momentum peningkatan kualitas diri bagi seluruh Petugas Pemasyarakatan.

“Mari jadikan momentum peringatan ini untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai bagian dari Pemasyarakatan. Kita besar dan berbahagia karena Pemasyarakatan. Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, Semangat Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan Pasti Maju,” ujar Erry.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *