Beranda Featured Peringati Hari TBC sedunia, Lapas Cilegon Gelar Penyuluhan dan Skrining TBC

Peringati Hari TBC sedunia, Lapas Cilegon Gelar Penyuluhan dan Skrining TBC

0
Peringati Hari TBC sedunia, Lapas Cilegon Gelar Penyuluhan dan Skrining TBC

CILEGON – Menindaklanjuti Surat Edaran dari Dairektorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS7.PK.01.06.04-71 tanggal 18 Februari 2019 Perihal Petunjuk Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2019, maka Tim Medis Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Skrining Tuberkulosis (TB) terhadap Keluarga Pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas III Cilegon serta memberikan masker kepada pengunjung yang menderita batuk untuk menjaga penularan batuk kepada pengunjung lainnya, Rabu (20/03) dilaksanakan di Ruang Layanan Kunjungan Lapas Cilegon.

Pengunjung yang telah di skrining kemudian diberikan edukasi mengenai kuman TBC agar dapat dilakukan pencegahan atau pengobatan sedini mungkin untuk menekan tingkat penderita TBC di Indonesia.

Kegiatan skrining ini dilaksanakan selama 3 (tiga ) hari. Hasil yang diharapkan kepada para pengunjung , selain edukasi, juga sebagai pengingat bagi pengunjung yang sedang dalam pengobatan OAT agar dapat dilaksanakan secara rutin jangan sampai terputus karena resiko putus obat dapat diulang kembali dan dilakukan selama 6 bulan lamanya dan apabila pengobatan terputus agar segera menghubungi layanan kesehatan terdekat.

Kegiatan Penyuluhan disampaikan langsung oleh Ema selaku koordinator tim medis Lapas Cilegon kepada seluruh Keluarga Pengunjung WBP Lapas Kelas III Cilegon yang saat itu mengunjungi (membesuk) WBP Lapas Kelas III Cilegon.

“Saatnya Indonesia Bebas dari Penyakit TBC yang dimulai dari diri kita sendiri, jangan takut mengenal lebih dini apa itu TBC dan bagaimana pencegahan, pengendalian dan pengobatannya.” Ucap Ema kepada Keluarga Pengunjung WBP yang Nampak dengan serius menyimak dan memperhatikan tiap kalimat yang disampaikan oleh Ema.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here