Peringati HANI 2020, Lapas Cilegon Ikuti Upacara Secara Virtual

Cilegon, INFO_Pas -Setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI. Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Selain itu, sebagai Hari Anti Narkotika Internasional dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

Peringatan HANI 2020, upacara dilakukan secara virtual dan mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Wakil Presien RI KH. Ma’ruf Amin. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon menghadiri upacara memperingati HANI 2020 yang diselenggarakan Walikota Cilegon, pada Jumat (26/06/2020) diikuti juga oleh Kepala BNN Kota Cilegon dan Sekretaris Daerah Cilegon.

Tema HANI tahun 2020 yakni Hidup 100% di Era New Normal Sadar Sehat Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba. Narkoba, kata Ma’ruf, adalah kejahatan lintas negara yang luar biasa. Sehingga, penanganannya pun perlu peran berbagai pihak, termasuk masyarakat. Penanganan tersebut berupa upaya preventif, strategi, dan penegakan hukum secara konsisten untuk pemberantasan narkoba.

Apalagi, imbuh Ma’ruf, Indonesia akan memasuki bonus demografi. Sehingga perlu upaya agar generasi muda tidak terpapar narkoba. “Mereka (generasi muda) harus hidup bahagia dengan narkoba. Mari bersama kita menyelamatkan generasi masa depan dari kejahatan narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui Tim Humas Lagoon usai acara, Kepala Lapas Cilegon, Masjuno mengatakan upacara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun ini mengangkat tema ‘hidup 100 persen di era new normal: sadar, sehat, produktif tanpa narkoba’.

“Tag line ini bukan hanya semata-mata simbol belaka tetapi juga sebagai bentuk ajakan pada seluruh masyarakat khususnya jajaran Lapas Cilegon untuk menjaga kesadaran diri, menjadi lebih baik dan maksimal di semua unsur kehidupan fisik, mental, sehat jasmani dan rohani produktif dan berkarya dan bahagia tanpa narkoba,” jelas Masjuno.

Ia juga menambahkan bahwa menghadiri kegiatan ini tak hanya sekedar bentuk komitmen tetapi  juga sebagai bentuk peran aktif Lembaga Pemasyarakatan terhadap Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Narkoba (P4GN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *