Penyerahan Simbolik E-KTP Warga Binaan Lapas Cilegon

Posted on

CILEGON – Dinas kependudukan dan catatan sipil (DISPENDUKCAPIL) Kota Cilegon adakan penyerahan secara simbolik E-KTP warga binaan di Lapas Kelas III Cilegon pada Rabu (20/02).

Penyerahan e-KTP secara simbolik dimulai sekitar pukul 10.00 WIB yang berlokasi di gazebo Lapas Kelas III Cilegon. E-KTP warga binaan secara simbolik diserahkan kepada Kepala Lapas Kelas III Cilegon oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Kota Cilegon.

Kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan akhir Dispendukcapil yang sebelumnya telah dilakukan sistem pelayanan jemput bola perekaman e-KTP terhadap warga binaan Lapas Cilegon.

Perekaman e-KTP tidak hanya untuk warga binaan yang berdomisili kota cilegon saja tetapi dilakukan juga untuk warga binaan yang di luar domisili cilegon. Dengan ini seluruh warga binaan diharap bisa menggunakan haknya ikut mencoblos di Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang.

Program ini merupakan kolaborasi antara Kemendagri dan Kemenkumham RI dalam upaya untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Kota Cilegon, Abdullah menegaskan, setiap warga negara berhak mendapatkan kepemilikan kependudukan. Langkah ini sekaligus jadi komitmen Dinas Dukcapil Kota Cilegon melaksanakan perekaman e-KTP kepada seluruh elemen masyarakat.

“Perekaman ini terkait juga dengan adanya Pemilu 2019, karena salah satu syarat pokok untuk pemilih itu adalah KTP elektronik. Makanya kami fasilitasi untuk mendatangi ke lapas-lapas, salah satunya Lapas Kelas III Cilegon.” Ungkap Abdullah.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas III Cilegon, Heri Aris Susila menyambut baik upaya jemput bola yang dilakukan Dispendukcapil memfasilitasi perekaman data bagi warga binaan. Menurut Heri, warga binaan memiliki hak yang sama untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

“Alhamdulillah saya terimakasih kepada Dispendukcapil mau datang untuk merespon, karena ini kewajiban kita bersama, bukan hanya pihak lapas tapi juga dukcapil, mari kita bersama-sama sukseskan pileg dan pilpres 2019,” ungkap Heri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *