Peduli Pendidikan, CPNS Lapas Cilegon Lakukan Bakti Sosial di SDN Kalitimbang

CILEGON – Tak hanya bekerja untuk membina warga binaan pemasyarakatan saja, Calon Pegawai Negeri Sipil Lapas Kelas III Cilegon memiliki perhatian lebih dalam bidang pendidikan. Hal ini diperlihatkan dengan melakukan Bakti Sosial Tunas Pengayoman di Sekolah Dasar Negeri Kalitimbang 1, pada Jumat (18/01).

Menyambut didapatnya SK PNS maka Tunas Pengayoman Lapas Kelas III Cilegon menyelenggarakan Bakti Sosial dan Kerja Bakti Tunas Pengayoman di SDN Kalitimbang 1. Hal ini merupakan salah satu fungsi ASN sebagai Pelayan Publik dalam rangka memupuk kesadaran akan kewajiban dan tanggung jawab Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada institusi dan masyarakat.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Lapas Kelas III Cilegon, Heri Aris Susila. “Saudara-saudara hari ini diminta oleh negara untuk melaksanakan bakti sosial sebelum saudara-saudara dilantik menjadi Pegawai Negeri Sipil. Yang ingin saya tekankan disini, saudara-saudara sudah hampir satu tahun menjadi petugas, anda harus menunjukan eksistensi saudara.

Saudara harus menjadi agen perubahan. Bapak Menteri kita sangat membanggakan kehadiran saudara sebagai Tunas Pengayoman. Kebanggaan Bapak Menteri kita harus anda tunjukan betul-betul, jangan mengecewakan. Tunjukan dengan kedisiplinan yang tinggi. Kedisiplinan tidak terbentuk secara tiba-tiba, namun berasal dari sikap kita dari kebiasaan kita sehari-hari.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya sampaikan, bakti sosial ini merupakan perintah dari Sekjen, dalam rangka memupuk kesadaran akan kewajiban dan tanggung jawab Aparatur Sipil Negara kepada institusi dan masyarakat,” ucap Kalapas dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas III Cilegon, Raja M.Ismael, menyampaikan bahwa dari 44 CPNS, yang mengikuti kegiatan bakti sosial sebanyak 41 orang. Sedangkan 3 orang sedang melaksanakan tugas BKO di Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Tunas Pengayoman saling bergotong royong untuk memperbaiki dinding sekolah yang sudah mulai keropos dan mengecat kembali sekolah tersebut agar terlihat indah dan lebih baik. Selain itu, diberikan juga bantuan alat-alat kebersihan untuk SDN Kalitimbang 1 yang secara simbolis diberikan oleh Kalapas kepada Kepala Sekolah SDN Kalitimbang 1.

Tampak bahagia terpancar dari raut muka adik-adik SDN Kalitimbang 1, ketika Tunas Pengayoman Lapas Cilegon memperbaiki sekolah mereka.

Dadan Firmansyah selaku Koordinator CPNS Lapas Cilegon mengungkapkan bahwa bakti sosial ini dilaksanakan sebagai rasa syukur akan didapatnya SK PNS dan rasa kepedulian CPNS Lapas Cilegon terhadap lingkungan sekitar.

Dan kegiatan ini juga menumbuhkan rasa kebersamaan antara sesama CPNS agar CPNS angkatan 2017 Lapas Cilegon dapat selalu kompak dan memiliki jiwa solideritas yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *