Beranda Featured Panen Perdana Budi Daya Melon Madu di Lapas Cilegon

Panen Perdana Budi Daya Melon Madu di Lapas Cilegon

0
Panen Perdana Budi Daya Melon Madu di Lapas Cilegon

CILEGON – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon menggelar pesta panen perdana budidaya melon madu, Senin (25/02). Diperkirakan hasil panen melon perdana ini mencapai sebanyak 4 ton.

Kegiatan memanen melon madu ini merupakan hasil perkebunan yang dilakukan oleh warga binaan Lapas Cilegon. Hal ini juga merupakan program kerjasama Lapas Cilegon dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Cilegon guna memberikan pembinaan kemandirian untuk warga binaan Lapas Cilegon.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Cilegon, Kepala BNNK Cilegon, Forkompinda Kota Cilegon, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten dan para Kepala UPT se-serang raya serta tamu undang.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengungkapkan apresiasi kepada Lapas Cilegon yang berhasil membudidayakan melon madu.

“Kami selaku pemerintah kota cilegon akan senantiasa mendukung kegiatan pembinaan di Lapas Cilegon, harapan kedepan agar warga binaan yg telah mendapatkan pelatihan dan pembinaan di bidang pertanian dapat menjadi petani-petani sukses setelah mereka bebas dan kembali di lingkungan masyarakat,” ungkap Edi.

Sementara, Kakanwil Banten Sutrisman mengatakan, program budidaya melon ini selain dapat menghasilkan, juga membuat warga binaan tidak merasa terkungkung di Lapas.

“Ini merupakan program Kemenkumham agar para warga binaan tidak hanya terkungkung dalam ruangan, jadi kita beri pelatihan kemandirian dan akan menjadi bekal bagi para warga binaan jika sudah bebas nantinya.” ujar Sutrisman.

“Memberikan pengetahuan dalam upaya untuk memberi skill ketika dia bebas dari Lapas Cilegon. Budidaya Melon dilaksanakan selama 120 hari dari tanah kosong sampai menghasilkan melon madu,” kata Kepala Lapas Cilegon, Heri Aris Susila.

Pada kesempatan ini, Lapas Cilegon menerima bibit jagung ketan antioksidan dari East West Seed Indonesia, yang akan menjadi progam pembinaan kemandirian berikutnya bagi warga binaan di Lapas Cilegon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here