Masuki New Normal, Lapas Cilegon Tunggu Arahan Kemenkumham RI

Cilegon, INFO_Pas –  Adanya kebijakan pelaksanaan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dari pemerintah membuat Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon saat ini masih menunggu arahan dari Kemenkumham (Kementrian Hukum dan Hal Asasi Manusia) RI untuk tindak lanjut pelaksanaan itu sendiri.

Senin (08/06/2020), Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon, Musjono menyampaikan, menuju AKB Lapas Cilegon telah menyiapkan berbagai skema baik SOP (standar operasional) serta alur baru nantinya.

“Semuanya telah kami kemas seperti apa protokol dan skema baru jika AKB tersebut ditetapkan. Tapi yang jelas, kami masih menunggu arahan dari pimpinan pusat penerapan AKB tersebut,” ucap Musjono setelah acara Kunjungan Kerja Kakanwil Kumham Banten.

Kalapas menambahkan, skema yang sudah dibuat mengacu pada skema protokol kesehatan Covid-19 (Virus Corona). Yang bermula dari sistem kunjungan secara virtual namun saat ini bisa dilakukan tatap muka. Kemudian juga ketentuan lain seperti pembatasan dan jaga jarak yang juga sudah diatur di Lapas Cilegon.

“Ketika pelaksanaan itu dilakukan, kami pasti membatasi jumlah kunjungan keluarga (WBP) Wargabinaan Pemasyarakatan. Disini kami menyiapkan sebanyak 6 loket kunjungan. Maksimal dua orang yang bisa berkunjung untuk mengunjungi satu orang. Jam operasionalnya seperti biasa yang kita laksanakan mulai Senin hingga Sabtu pada pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIb. Untuk sesi pertama dan pukul 13.00 hingga 15.30 pada sesi selanjutnya,” jelas Masjuno.

Ia berharap, persiapan yang telah ada ini bisa didukung oleh semua pihak.

“Penerapan ini bukan main-main, lapas harus fokus. Karena bisa kita bayangkan jika satu saja terpapar ini akan jadi kuburan massal. Maka kami minta dukungan semua pihak,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *