Beranda Featured Masuk Top 99 Inovasi Layanan Publik 2019, Wujud Peduli Lapas Cilegon dan Puskesmas Cibeber

Masuk Top 99 Inovasi Layanan Publik 2019, Wujud Peduli Lapas Cilegon dan Puskesmas Cibeber

0
Masuk Top 99 Inovasi Layanan Publik 2019, Wujud Peduli Lapas Cilegon dan Puskesmas Cibeber

CILEGON, INFO-PAS – Komitmen Pemerintahan Kota Cilegon untuk memberikan layanan terbaik terhadap masyarakat mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Inovasi layanan prima bertajuk Gerakan Warga Binaan Peduli Kesehatan (GEGANA PEDES) yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon terpilih menjadi salah satu Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019. Selasa (21/05).

Berawal pada pemikiran yang sama tentang peduli kesehatan warga binaan, Lapas Cilegon bekerjasama dengan UPTD Puskesmas DPT Cibeber membentuk POSKESLAP (Pos Kesehatan Lapas) pada tahun 2017 lalu. Ini merupakan salah satu Gerakan Warga Binaan Peduli Kesehatan (GEGANA PEDES) yang dipelopori oleh Dr. Arief Dharma dari Puskesmas Cibeber.

Dr. Arief melakukan observasi terhadap Wargabinaan Lapas Cilegon, yang diduga mengidap gejala depresi dalam kategori berat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan kader kesehatan lapas oleh Puskesmas Cibeber. Kader kesehatan merupakan warga binaan yang telah memenuhi sidang TPP untuk membantu petugas kesehatan Lapas. Pelatihan ini dilakukan oleh warga binaan dengan keseriusan dan kekompakan.

Pada 2018, kesepakatan (MoU) antara Lapas Cilegon dan Puskesmas Cibeber terbentuk yang disaksikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Cilegon, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, dan Tokoh Masyarakat Cibeber. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan warga binaan yang lebih baik lagi, efektif dan efisien.

(MoU) antara Lapas Cilegon dan Puskesmas Cibeber dalam bidang Kesehatan terhadap Wargabinaan Pemasyarakatan

“Kami mengapresiasi atas penghargaan yang diraih oleh Pemerintahan Kota Cilegon dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019. Kami turut bangga, Lapas Cilegon menjadi salah satu tempat tuju inovasi pelayanan publik oleh Puskesmas Cibeber yang merupakan Instansi dari Pemerintahan Kota Cilegon.” Ungkap Kepala Lapas Cilegon, Heri Aris saat dihubungi Tim Humas Lascil.

Lapas Cilegon menjadi salah satu tempat tuju inovasi pelayanan publik oleh Puskesmas Cibeber yang masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

”Semoga sinergitas antara Lapas Cilegon dengan Pemerintah Kota Cilegon akan terus terjalin dengan baik dan perhargaan tersebut dapat menjadi motivasi untuk Lapas Cilegon dalam meningkatkan dan memberikan inovasi-inovasi pada pelayanan publik di Lapas Cilegon”, imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here