Beranda Featured Kunjungan Kerja Badan Pengawas Tenaga Nuklir Ke Lapas Cilegon

Kunjungan Kerja Badan Pengawas Tenaga Nuklir Ke Lapas Cilegon

0
Kunjungan Kerja Badan Pengawas Tenaga Nuklir Ke Lapas Cilegon

Kunjungan Kerja Badan Pengawas Tenaga Nuklir Ke Lapas Cilegon

CILEGON – Selasa, (11/12) Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon mendapat kunjungan kerja dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) guna melakukan inspeksi rutin untuk menjamin keselamatan dalam penggunaan pesawat sinar x di Lapas Kelas III Cilegon. Kunjungan ini diterima dengan baik oleh Kepala Urusan Tata Usaha dan Kepegawaian beserta jajaran.

Menurut Undang-undang No. 10 tahun 1997, BAPETEN mempunyai tugas mengawasi di bidang pengunaan zat radioaktif baik bidang kesehatan, bidang Industri dan bidang penelitian. BAPETEN sangat konsen dalam isu-isu keselamatan dan keamanan nuklir.

Kunjungan Kerja Badan Pengawas Tenaga Nuklir Ke Lapas Cilegon

Berdasarkan data BAPETEN, Lapas Kelas III Cilegon memiliki pesawat sinar x. Oleh karena itu, perlunya pemeriksaan rutin dan berkala pada pesawat sinar x tersebut.

Pada kesempatan itu, Inspektur Utama BAPETEN, Drs. Darsino memaparkan tentang tugas utama BAPETEN antara lain membuat peraturan tentang penggunaan pesawat sinar x atau zat-zat radioaktif, memberikan pelayanan perizinan bagi sumber radiasi yang memiliki persyaratan, dan melakukan inspeksi secara rutin.

“Pada inspeksi hari ini akan dilakukan pengukuran dan pengecekan terkait pesawat sinar x dan kendala apa saja yang terjadi pada penggunaan pesawat sinar x”. Ujar Darsino.

“Secara umum pesawat sinar x yang terdapat di Lapas penggunaannya tergolong aman, ada sedikit catatan untuk Lapas Cilegon. Perlunya perlengkapan pada petugas pesawat sinar x dan survey secara rutin disekitar pesawat sinar x”, Imbuh Darsino. (RVPU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here