Kunjungan Kerja Badan Pengawas Tenaga Nuklir Ke Lapas Cilegon

CILEGON – Selasa, (11/12) Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon mendapat kunjungan kerja dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) guna melakukan inspeksi rutin untuk menjamin keselamatan dalam penggunaan pesawat sinar x di Lapas Kelas III Cilegon. Kunjungan ini diterima dengan baik oleh Kepala Urusan Tata Usaha dan Kepegawaian beserta jajaran.

Menurut Undang-undang No. 10 tahun 1997, BAPETEN mempunyai tugas mengawasi di bidang pengunaan zat radioaktif baik bidang kesehatan, bidang Industri dan bidang penelitian. BAPETEN sangat konsen dalam isu-isu keselamatan dan keamanan nuklir.

Berdasarkan data BAPETEN, Lapas Kelas III Cilegon memiliki pesawat sinar x. Oleh karena itu, perlunya pemeriksaan rutin dan berkala pada pesawat sinar x tersebut.

Pada kesempatan itu, Inspektur Utama BAPETEN, Drs. Darsino memaparkan tentang tugas utama BAPETEN antara lain membuat peraturan tentang penggunaan pesawat sinar x atau zat-zat radioaktif, memberikan pelayanan perizinan bagi sumber radiasi yang memiliki persyaratan, dan melakukan inspeksi secara rutin.

“Pada inspeksi hari ini akan dilakukan pengukuran dan pengecekan terkait pesawat sinar x dan kendala apa saja yang terjadi pada penggunaan pesawat sinar x”. Ujar Darsino.

“Secara umum pesawat sinar x yang terdapat di Lapas penggunaannya tergolong aman, ada sedikit catatan untuk Lapas Cilegon. Perlunya perlengkapan pada petugas pesawat sinar x dan survey secara rutin disekitar pesawat sinar x”, Imbuh Darsino. (RVPU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *