Beranda Featured Kolaborasi Lapas Cilegon & Dukcapil Cilegon dalam Perekaman eKTP

Kolaborasi Lapas Cilegon & Dukcapil Cilegon dalam Perekaman eKTP

0
Kolaborasi Lapas Cilegon & Dukcapil Cilegon dalam Perekaman eKTP

CILEGONKolaborasi Lapas Cilegon & Dukcapil Cilegon dalam Perekaman eKTP. Merajuk surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 471.13/24150/DUKCAPIL tanggal 17 Desember 2018 hal Pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP-el Serentak Secara Nasional, dalam rangka pemenuhan hak konstitusional bagi pemilih di Lapas, Rutan, dan Cabang Rutan.

Pada hari Selasa (15/01), Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Cilegon melakukan sistem jemput bola untuk melakukan perekaman KTP-el terhadap warga binaan pemasyarakatan yang berstatus warga Kota Cilegon di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon.

Pelaksanaan perekaman ini disambut antusias oleh warga binaan Lapas Kelas III Cilegon. Tercatat ada 180 warga binaan yang melakukan perekaman.

Program ini merupakan kolaborasi antara Kemendagri dan Kemenkumham RI dalam upaya untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, agar seluruh warga binaan yang sudah wajib ber-KTP dapat mempergunakan hak pilihnya yang dengan syarat harus mempunyai KTP-el, maka Dukcapil melakukan pelayanan bersifat mobile atau jemput bola untuk menyediakan KTP-el bagi masyarakat ataupun warga binaan terutama menjelang Pemilu 2019.

“Hal ini merupakan salah satu program kami dari tahun ke tahun dalam upaya melakukan pelayanan terhadap masyarakat untuk menuju pelayanan prima” Ungkap Abdullah selaku Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan.

Rata-rata mayoritas warga binaan belum memiliki KTP-el. Pelayanan yang diberikan petugas di Gazebo Lapas Cilegon sama seperti di kantor Dispendukcapil. Warga binaan yang melakukan perekaman, terlebih dahulu di foto, kemudian tanda tangan pada mesin yang telah disediakan. Menurut Abdullah, KTP-el hasil cetak milik 180 warga binaan langsung dititipkan atau diserahkan ke petugas lapas.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas III Cilegon, Heri Aris Susila beserta jajaran menyambut baik upaya jemput bola yang dilakukan Dispendukcapil Kota Cilegon dan memfasilitasi perekaman data bagi warga binaan. Menurut Heri Aris, warga binaan memiliki hak yang sama untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

“Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih kepada Dispendukcapil Kota Cilegon yang telah bersedia datang untuk merespon surat permohonan yang telah kami kirimkan sebelumnya ke Dispendukcapil, karena ini kewajiban kita bersama, bukan hanya pihak lapas tapi juga dukcapil.” Ungkap Heri Aris.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here