Cilegon, INFO_PasHari Bela Negara atau HBN adalah hari bersejarah Indonesia yang diperingati setiap 19 Desember.

Pada 19 Desember 2019 adalah peringatan Hari Bela Negara ke-71, hal ini yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon dengan menggelar upacara bendera yang diikuti seluruh pegawai dan warga binaan, bertempat di lapangan Lapas Cilegon, Jl. Cikerai Kp. Koweni Ds. Kalitimbang Kec. Cibeber, Kota Cilegon, Kamis (19/12/2019).

Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara oleh Petugas Upacara, Mukhlisin.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Kepala Lapas Cilegon, Heri Aris Susila menyebutkan hari bela negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya bela Negara.

“Tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi,” kata Kalapas membacakan amanat Presiden RI.

Selain itu, sebagaimana yang diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat, jelasnya.

Untuk itu, tidak hanya militer yang berperan membangun ketanahan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Lebih lanjut dibacakan Kalapas, tanpa sikap dan perilaku bela Negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah tidak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa.

“Oleh karenanya, penanaman nilai dasar Negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama, ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga Negara yang dijamin oleh Undang-undang”, tutupnya.

Untuk mewujudkan kesadaran dan menyatukan konsep pembelaan negara di tengah masyarakat, salah satunya diperdengarkan Mars Bela Negara saat upacara berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here