Beranda Featured HUT RI-74: 729 WBP LP Cilegon Dapat Remisi, 21 WBP Langsung Bebas

HUT RI-74: 729 WBP LP Cilegon Dapat Remisi, 21 WBP Langsung Bebas

0
HUT RI-74: 729 WBP LP Cilegon Dapat Remisi, 21 WBP Langsung Bebas

Cilegon, INFO_PAS – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 merupakan salah satu hari yang dinantikan oleh para narapidana, karenanya pada hari itu, mereka akan mendapatkan remisi dalam rangka hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebanyak 729 narapidana di Lembaga Pemasyatakatan Kelas III Cilegon telah mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahan, dan 21 orang akan menghirup udara bebas ketika mendapat remisi saat Hari Kemerdekaan Indonesia. Penyerahan surat keputusan (SK) remisi diberikan langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon, pada Sabtu (17/08).

Kepala Lapas Cilegon Heri Aris Susila mengatakan, pihak Lapas sudah mengajukan pengurangan masa hukuman terhadap 724 orang. 689 orang mendapat remisi umum (RU I) mulai dari 1-6 bulan.

Sementara, 35 orang mendapat remisi umum (RU) II. Namun 14 orang belum tidak bisa langsung bebas lantaran harus menjalani subsider.

Mereka yang mendapat remisi rerata narapidana kasus pidana umum. Tak ada satu pun napi kasus narkoba yang mendapat remisi. Susahnya napi narkoba mendapat remisi lantaran terbentur PP 99/2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan mengatur pengetatan remisi bagi narapidana narkoba, teroris, dan korupsi.

“Yang pasti pidana umum kalau narkoba ini masih terkendala PP 99 karena masih bersangkutan dengan JC (justice collaborator),” ujarnya.

Ia melanjutkan, pemberian remisi hukuman itu diberikan dengan melakukan peninjauan dari berbagai aspek salah satunya adalah warga binaan yang berkelakuan baik selama masa pembinaan.

“Semua usulan remisi melalui online, dengan melihat berbagai aspek penunjang, yaitu perilaku warga binaan, sisi pidana dan secara regulasinya memenuhi,” tambahnya.

Diketahui, remisi hukuman yang diberikan pada saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia itu telah diatur berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No 174 tahun 1999 tentang remisi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here