Gandeng Puskesmas Cibeber, Lapas Cilegon Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 bagi Wargabinaan

Cilegon, INFO_Pas – Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan covid-19, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon bekerjasama dengan Puskesmas Cibeber menggelar sosialisasi persiapan vaksinasi covid-19 bagi warga binaan, Kamis (25/03/2021).

Langkah ini bentuk untuk mendukung pemerintah memaksimalkan vaksinasi sebagai upaya menekan angka penyebaran dan tingkat kematian akibat COVID-19.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kasubsi Bimkemaswat, Dokter Puskesmas Cibeber, Dan Tenaga Medis Lapas Cilegon, serta warga binaan, bertempat di blok khusus rehabilitasi Lapas Cilegon.

Berdasarkan keterangan dari Kasubsi Bimkemaswat, Riszard Arjanggi bahwa sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM R.I. Nomor : PAS-UM.01.01 – 01 tahun 2021 perihal Persiapan Pelaksanaan Vaksin COVID-19 kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Sosialisasi ini dapat menambah pemahaman dan pengetahuan tentang vaksin COVID- 19 agar warga binaan juga dapat mempersiapkan diri untuk menerima vaksin kelak,” ucap Riszard.

Sebagai narasumber, Dokter Fatimatul Zahro salah satu tenaga kesehatan dari Puskesmas Cibeber menyampaikan bahwasannya pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 sudah resmi dimulai, sesuai dengan instruksi dan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat divaksin Covid-19 untuk pertama kalinya (13/1) lalu, adapun untuk target penerima vaksin pertama adalah tenaga kesehatan selanjutnya kepada masyarakat.

Ditegaskan juga sebagai pemahaman bahwa vaksin bukanlah obat, vaksin merupakan upaya pencegahan Covid-19. Jadi tetap harus berpedoman utama protokol kesehatan, tetap dengan konsep 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan) demi keselamatan bersama.

“Perlu diingat, vaksin tidak bisa 100% melindungi seseorang, namun ini merupakan upaya yang harus dilakukan, selebihnya tetap melakukan protokol kesehatan”, tegas Dr. Fatimatul.

Diakhir penyampaian materi, sebagai wujud untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19, Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Cilegon menunjukan sikap untuk siap divaksinasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *