Cilegon, INFO_Pas – Upaya peningkatan keamanan terus digalakan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon. Salah satunya dengan penambahan sarana dan prasaran keamanan. Lapas Kelas IIA Cilegon memperketat pengawasan dengan menambahkan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) di berbagai titik vital. Pemasangan kamera pengintai itu lantaran rawan pelanggaran.

Dalam kesempatan ini, Lapas Cilegon menggandeng PT. Pindad untuk melakukan pengecekan CCTV yang mengalami kendala serta penambahan CCTV pada titik rawan dan blok Maximum Sercurity. Pada Kamis, (23/01/2020).

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka.KPLP), Sumaryo mengatakan, pengawasan aktivitas di dalam lapas diperketat dengan pemasangan kamera pengintai. Seluruh blok yang dihuni narapidana (napi) maupun tahanan terpantau.

Layar pemantau berukuran besar dipasang di ruang kerja Ka.KPLP. Sumaryo menyampaikan, pemasangan kamera pemantau tersebut agar pengawasan lapas lebih optimal. Sebab, tingkat kerawanan pelanggaran masih terbilang tinggi. Di antaranya, tahanan rawan kabur.

“Selain itu, rawan adanya penyelundupan barang terlarang seperti telepon genggam dan barang haram narkoba. Dengan pengawasan melalui pantauan CCTV, kita dapat mengetahui narapidana atau tahanan yang memegang handphone (HP) didalam Lapas, jika kedapatan narapidana yang menggunakan HP akan kami berikan sanksi yang tegas”, tegas Sumaryo saat ditemui Tim Humas Lagoon.