Beranda Featured Deteksi HIV Dan TB, Lapas Cilegon Gelar Mobile VCT dan Skrining TB

Deteksi HIV Dan TB, Lapas Cilegon Gelar Mobile VCT dan Skrining TB

0
Deteksi HIV Dan TB, Lapas Cilegon Gelar Mobile VCT dan Skrining TB

Cilegon, INFO_PAS – Penyebaran Tuberkulosis dan HIV saat ini masih menjadi momok yang menakutkan di Indonesia. Pasalnya indonesia menjadi salah satu lokasi dengan penderita TB dan HIV terbesar di dunia.

Guna deteksi penyebaran TB dan HIV Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon menggelar pelayanan Mobile VCT dan Skrining TB pada warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama antara Lapas Cilegon dengan Dinas Kesehatan Kota Cilegon dan 8 Puskesmas se-kota Cilegon.

Selasa, (10/09), bertempat di gazebo Lapas Cilegon, dengan target 600 warga binaan dilakukan pemeriksaan mobile vct dan skrining TB oleh Tim dari Dinas Kesehatan kota Cilegon. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 10-12 september 2019.

Menurut Dr. Sri Rezeki selaku Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Cilegon, warga binaan termasuk dalam kategori populasi beresiko sehingga wajib dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi dini penyakit TB dan HIV.

“Semua populasi yang beresiko harus mendapatkan pelayanan mobile VCT dan skrining TB secara standar, diantara populasi yang beresiko itu yaitu warga binaan pemasyarakatan. Oleh karena itu, dinkes berupaya untuk mendeteksi secara dini penyakit-penyakit menular seperti HIV dan TB”, ujar Dr. Sri.

”Dengan kondisi di Lapas, 1 ruangan yang berisi dengan beberapa wbp dan dengan kondisi ventilasi yang tidak cukup memadai, sehingga penularan penyakit TB tidak dapat dihindari. Dengan demikian, sedini mungkin kita temukan, apabila ada yang memiliki gejala TB kita periksa, dan apabila positif kita obati. Hal ini bertujuan untuk memutuskan mata rantai penularan”, pungkas Dr. Sri.

Dr. Emyke selaku Dokter Pratama Lapas Cilegon menyampaikan apresiasi untuk kegiatan yang dilakukan oleh Dinkes Kota Cilegon. Kegiatan ini juga membantu tenaga medis di Lapas Cilegon untuk memberikan pelayanan preventif kesehatan kepada WBP Lapas Cilegon.

Sementara, Kepala Subseksi Pembinaan, Edrawanto membuka secara resmi kegiatan ini dan dalam sambutannya beliau mengaku bersyukur dan mengapresiasi kegiatan ini.

”Kegiatan yang berlangsung ini diharapkan menjadi bagian dari kepedulian Lapas Cilegon pada kondisi kesehatan warga binaan. Karena sejatinya dalam proses pembinaan tak hanya memperhatikan dalam aspek kegiatan semata, namun juga kesehatan”, ucap Edrawanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here