Dengan Sederhana, Lapas Cilegon Gelar Panen Raya Golden Melon

Cilegon, INFO_Pas – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon kembali menggelar kegiatan panen raya golden melon hasil budidaya warga binaan pemasyarakatan, Rabu (22/04/2020).

Kegiatan panen golden melon ini digelar dengan sederhana dan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan.

Masih dalam situasi darurat Corona Virus (Covid-19), Kakanwil dan Kadivpas tetap mengikuti protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19, dimula dari pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun, mensterilkan badan pada bilik sterilisasi dan memakai masker.

Dalam sambutanya, Kakanwil, Imam Suyudi mengatakan bahwa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) bukan hanya tempat dimana Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dibina, tetapi seorang WBP juga diberikan pelatihan dan disediakan tempat untuk WBP menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

“Seperti saat ini di Lapas Kelas II A Cilegon terdapat kebun Golden Melon. Kegiatan perindustrian maupun pertanian yang ada di Lapas saat ini merupakan penunjang bagi pembinaan terhadap narapidana, sekaligus dapat merubah image masyarakat dari lapas konsumtif menjadi lapas produktif”, ujar Imam.

Sementara, Kepala Lapas Cilegon, Masjuno menuturkan bahwa kegiatan panen raya ini merupakan hasil tanaman yang dibudidayakan langsung warga binaan Lapas Cilegon.

“Ini merupakan bukti komitmen kami dalam menciptakan warga binaan yang berdayaguna dan dapat bermanfaat bagi masyarakat, dimana warga binaan yang sedang menjalani proses asimilasi dapat disalurkan keterampilannya pada salah satu kegiatan pembinaan di Lapas Cilegon yaitu bercocok tanam”, ungkap Masjuno.

Diperkirakan hasil panen kali ini mencapai 4 ton, dan hasil panen ini akan dijual pada pihak ketiga, sebagian dibagikan untuk masyarakat yang saat ini kesulitan pangan akibat dampak pandemi covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *