Beranda Featured DAMKAR Cilegon Berikan Sosialisasi kepada Petugas Lapas Cilegon

DAMKAR Cilegon Berikan Sosialisasi kepada Petugas Lapas Cilegon

1
DAMKAR Cilegon Berikan Sosialisasi kepada Petugas Lapas Cilegon
Proses Pemadaman Api menggunakan APAR

“DAMKAR Kota Cilegon Berikan Sosialisasi kepada Petugas Lapas Cilegon”

CILEGON, Humas Lascil – Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No : KEP-186/MEN/1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja, Pengurus atau Pengusaha wajib mencegah, mengurangi, dan memadamkan kebakaran, latihan penanggulangan kebakaran di tempat kerja.

Termasuk dalam kewajiban mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran ini adalah menyelenggarakan pelatihan dan gladi penanggulangan kebakaran secara berkala. Oleh karena itu pada hari Jumat (07/12).

sosialisasi penggunaan APAR oleh petugas DAMKAR Kota Cilegon kepada Pegawai Lapas Cilegon

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon mengadakan Kegiatan Sosialisasi APAR dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran.
Bertempat di halaman depan Lapas Kelas III Cilegon diikuti oleh seluruh Pejabat Struktural, Pegawai dan CPNS Lapas Kelas III Cilegon.

Sosialisasi APAR oleh Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Cilegon yang menyampaikan informasi mengenai jenis, ciri kondisi, dan cara penggunaan APAR.

Team DAMKAR juga menjelaskan bahwa APAR adalah untuk memadamkan api dengan klasifikasi sumber kebakaran yaitu :
a. Klas A : Kebakaran yang berasal dari bahan biasa padat yang mudah terbakar Contoh : kertas, kayu, plstik, karet, dll.
b. Klas B : Kebakaran yang berasal dari bahan cair dan gas yang mudah menyala Contoh : minyak tanah, bensin, solar, thinner, LNG, LPG, dll.
c. Klas C : Kebakaran yang berasal dari peralatan listrik (hubungan arus pendek) Contoh : generator listrik, setrika listrik, dll.

Kepala Urusan Tata Usaha dan Kepegawaian, Suhar mengungkapkan bahwa pelatihan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pegawai tentang fungsi APAR, juga melatih para pegawai agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil. 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here