Cegah Mewabahnya Covid19, Ini Aksi Lapas Cilegon

Cilegon, INFO_PasCorona Virus Disease (Covid-19) telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Penyebaran penyakit Covid-19 terjadi juga di Indonesia dan terus meluas menyusul bertambahnya jumlah kasus positif penyakit yang di sebabkan oleh virus corona tersebut.

Tersirat bahwa Covid-19 tidak bisa dianggap sepele karena telah dengan mudah tersebar ke berbagai negara. Hal terpenting menghadapi wabah ini adalah dengan keseriusan menangani untuk menjinakan serta mitigasi resiko penularannya.

Oleh karenanya, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon terus melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan terjadinya penyebaran virus corona atau covid-19 di lingkungan Lapas.

Salah satunya dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan dan fasilitas gedung Lapas Cilegon. Rabu (18/03/2020).

“Tujuannya tentu untuk mensterilkan seluruh sudut ruangan agar terhindar dari virus atau bakteri, yang berpotensi menyebarkan corona”, kata Masjuno, Kepala Lapas Cilegon.

Diketahui, bahwa terhitung sejak hari ini layanan kunjungan di Lapas Cilegon tidak diadakan sampai 14 hari kedepan. Keputusan pimpinan pusat ini seyogianya untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona yang saat ini jumlah korban terus menerus bertambah.

Sebagai pengganti ditiadakannya layanan kunjungan, Lapas Cilegon menyediakan fasilitas Video Call bagi warga binaan pemasyarakatan agar tetap dapat berkomunikasi dengan pihak keluarga/kerabat melalui jejaring online.

“Kunjungan video call ini masing-masing narapidana diberi waktu 10 menit. Fasilitasnya bisa laptop maupun android,” ujar Kalapas Cilegon.

Menurut Kalapas Cilegon, Masjuno mengatakan bahwa ini merupakan salah satu langkah agar hak-hak narapidana masih dapat dipenuhi di tengah ancaman penyebaran Covid-19.

“Sangat perlu mengantisipasi. Kami tidak ingin hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Kami berikhtiar bersama untuk pencegahan penyebaran Covid-19” tandas Masjuno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *