Cegah Dini Novel Coronavirus, Lapas Cilegon Screening Pengecekan Suhu Tubuh

Cilegon, INFO_Pas –  Virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV), menimbulkan kepanikan hampir di seantero dunia. Betapa tidak, virus anyar tersebut telah merenggut puluhan nyawa. Untuk menanganinya, beberapa cara pencegahan virus corona bisa dilakukan.

Sehubungan dengan perkembangan situasi COVID 2019 (2019-nCoV) atau Virus Corona di Indonesia, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon melakukan berbagai langkah yang dipandang perlu guna pencegahan dini dan menanggulangi perkembangan kasus tersebut.

Sebagai upaya preventif pencegahan Virus Corona, petugas kesehatan Lapas Cilegon melakukan screening pengecekan suhu tubuh kepada petugas maupun pengunjung tanpa terkecuali Senin (09/09/20). Skrining dilakukan dengan memeriksa kesehatan para petugas dan pengunjung. Sebelumnya, mereka diberikan edukasi oleh dokter lapas dan perawat tentang pencegahan yang baik dilakukan, mulai dari penggunaan masker, hand sanitizer, serta menerapkan budaya bersih pada diri sendiri.

“Semua unsur tanpa terkecuali, siapa pun itu yang berkunjung atau masuk ke area dalam Lapas Cilegon akan dicek suhu tubuhnya, mulai dari petugas, pengunjung anak-anak hingga lanjut usia. Yang suhu tubuhnya diatas 37° C tidak diperkenankan masuk ke lapas dan disarankan melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu,” tegas Kalapas Cilegon, Masjuno.

Lapas Cilegon telah melakukan upaya promotif dan preventif, seperti koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Cilegon serta UPTD Puskesmas Cibeber menyediakan media Komunikasi Informasi Edukasi, menyiapkan sejumlah fasilitas kebersihan, seperti wastafel, cairan antiseptik, sabun serta melakukan sosialisasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan di dalam blok hunian.

“Skrining ini kami lakukan sebagai upaya pencegahan dini Virus Corona atau Novel Coronavirus yang tengah mewabah,” tutup Masjuno.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *