Beranda News Antisipasi Demam Berdarah, Lapas Cilegon Lakukan Fogging

Antisipasi Demam Berdarah, Lapas Cilegon Lakukan Fogging

0
Antisipasi Demam Berdarah, Lapas Cilegon Lakukan Fogging

CILEGON, Humas Lascil – Sehubungan dengan adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah Nusa Tenggara Timur dan Jawa Tengah, maka Lapas Kelas III Cilegon lakukan koordinasi dan bekerjasama dengan PT Ideliar Multi Kreasi dalam pelaksanaan pengasapan/fogging di lingkungan Lapas Kelas III Cilegon, Kamis (31/01).

Dalam keterangannya Kepala Lapas Cilegon, Heri Aris Susila mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara atas permintaan/koordinasi yg baik antara pihak Lapas dengan PT. Ideliar Multi Kreasi.

Meski tidak ada kasus DBD di dalam Lapas Cilegon, upaya fogging tetap dilakukan guna antisipasi serangan nyamuk Aedes aegypti yang dimungkinkan menjangkiti warga binaan. Sebab, serangan DBD sudah menyerang lingkungan sekitar lapas.

Staf Engieering dar PT. Ideliar Multi Kreasi, Rupaji mengatakan proses fogging di dalam lapas upaya untuk memutus mata rantai demam berdarah, dengan membasmi nyamuk yang telah dewasa. 

“Tindakan pengasapan ini bukan hanya untuk mengobati tapi ini sebagai antisipasi agar warga binaan tidak kena DBD, alangkah repotnya jika banyak warga binaan terkena DBD,” Ujar Rupaji.

Menurutnya lapas menjadi salah satu lokasi yang memiliki risiko tinggi penyeberangan demam berdarah. Hal ini terjadi jumlah penghuninya cukup banyak.

Sementara Kepala Lapas Kelas Cilegon, Haeri Aris Susila, mengatakan program pengasapan dalam tempat kerjanya tersebut juga sesuai dengan instruksi dari Direktur Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Selain melaksanakan perintah pimpinan, seperti kita tahu bahwa di Indonesia saat ini banyak sekali yang terkena DBD, sehingga seluruh UPT Lapas diharapkan ada pengasapan.” Kata Heri Aris.

Pihaknya mengaku, PT. Ideliar Multi Kreasi cukup responsif saat diminta melakukan pengasapan di lingkungan Lapas Cilegon. Heri Aris khawatir apabila ada warga binaannya yang terjangkit demam berdarah dan akan menular kepada yang lain. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here