Access To Justice, LP Cilegon Sosialisasikan Layanan Bantuan Hukum

Cilegon, INFO_Pas – Guna memberikan keadilan bagi masyarakat miskin dan mewujudkan peradilan yang efektif, efisien dan akuntabel, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon menggelar kegiatan Sosialisasi Layanan Bantuan Hukum bagi masyarakat atau dalam hal ini tahanan yang berada di Lapas Cilegon dengan kategori tidak mampu (miskin). Selasa, (11/02/2020).

Sebanyak 30 orang tahanan yang masih menjalani proses hukum dan segera disidangkan, dengan antusias mengikuti sosialisasi ini. Sosialisasi ini merupakan bagian dari program Criminal Deffense Lawyer (CDL), sebuah program pemberian layanan bantuan hukum cuma-cuma bagi masyarakat miskin dan marjinal. Kegiatan ini dihadiri Kasubid Pelayanan dan Bantuan Hukum Kantor Wilayah Kemenkumham Banten beserta jajaran dan LBH Yayasan Sayap Bening.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Zulkarnain resmi membuka acara ini. Dalam sambutannya, dia berpesan agar masyarakat kalangan bawah jangan ragu ataupun takut dalam menerima ataupun mengajukan bantuan hukum. Karena dihadapan hukum semuanya setara.

“Pemberian Bantuan Hukum kepada warga negara merupakan wujud nyata  dari implementasi negara kita sebagai negara hukum, Negara yang  mengakui dan melindungi serta menjamin hak  asasi warga negara akan kebutuhan akses seluas-luasnya terhadap keadilan, access  to  justice, dan  kesamaan  di  hadapan  hukum, equality before  the  law.” ungkap Zulkarnain.

Sementara, Eko Pratama Putra, SH selaku Ketua Yayasan Bantuan Hukum (BH) Sayap Bening menyatakan bahwa sebagai mandatori melaksanakannya amanah UU Nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum. Dalam UU tersebut mencerminkan bahwa negara ini sangat perhatian terhadap masyarakat dan tidak membiarkan warganya menjadi tidak baik.

“Bantuan hukum yang dimaksudkan bagi warga tidak mampu ini bersifat gratis. Yang dimaksud dengan gratis adalah, Klien tidak dibebani pembayaran honorarium bagi pekerja bantuan hukum. Tentu harus memenuhi persyaratan yang berlaku”, pungkas Eko.

Setelah sosialisasi dilakukan, LBH Yayasan Sayap Bening juga membuka kegiatan kosultasi Bantuan Hukum bagi tahanan Lapas Cilegon. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah tahanan mendaftarkan dan meregistrasi kasusnya serta mempercepat pemberian bantuan hukum cuma-cuma dari tim Yayasan sayap Bening.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *