Cilegon, INFO_Pas – Setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa lndonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di surabaya pada 74 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Guna mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan bangsa Indonesia pada 74 tahun silam, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019, Senin (11/11/19) bertempat di Lapangan Upacara Lapas Kelas III Cilegon.

Bertindak selaku inspektur upacara, Kepala Lapas (Kalapas) Cilegon Heri Aris Susila dan selaku komandan upacara, JFU Pembinaan Ade Irawan. Upacara ini diikuti seluruh pegawai dan warga binaan pemasyarakatan berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Bertajuk tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, Kalapas Cilegon membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia. 

Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers, Bung Karno yang menyatakan “hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.

Selain itu Peringatan Hari Pahlawan diharapkan juga membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini.

“Makanya tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yakni “Aku Pahlawan Masa Kini”. Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia.

Mari lakukan aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya,” kata Heri Aris.

Mengakhiri amanat Menteri Sosial, Inspektur Upacara berharap Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.